Visi dan Misi

Visi

Penyelenggara kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang ekonomi kreatif berkualitas dunia yang dapat berperan memecahkan permasalahan nasional maupun dunia untuk meningkatkan daya saing nasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dibidang IPTEKS (Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni).
  2. Mengkoordinasi hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk mendapatkan Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI)
  3. Menyelenggarakan publikasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengirimkan Paper ke Jurnal/Seminar berskala Nasional terakreditasi maupun berskala Internasional.
  4. Meningkatkan jumlah dan mutu publikasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat  ke Jurnal /Seminar berskala Nasional terakreditasi maupun berskala Internasional.
  5. Meningkatkan dan mengembangkan perolehan paten dan HKI untuk hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat .

 

Fungsi dan Tugas Pokok

  1. Menyusun pedoman umum  dalam Penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan universitas AMIKOM Yogyakarta.
  2. Menyusun kode etik pada prosedur pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan universitas AMIKOM Yogyakarta.
  3. Menentukan prioritas arah kebijakan pada bidang riset unggulan di bidang IPTEKS sebagai kerangka kebijakan dalam melakukan kegiatan penelitian di Universitas Amikom Yogyakarta.
  4. Mengkoordinasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat supaya sumber daya yang dimiliki oleh Universitas Amikom Yogyakarta dapat bermanfaat secara optimal.
  5. Melakukan evaluasi kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat agar lebih efisien, produktif dan berkualitas (menyusun, memantau dan mengevaluasi).
  6. Menciptakan budaya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di lingkungan Universitas Amikom Yogyakarta agar terwujud nuansa keilmiahan yang lebih dinamis dan dapat dilakukan secara berkesinambungan
  7. Memperluas jaringan kerjasama baik dengan universitas maupun industri baik secara nasional maupun internasional

Kebijakan dan Program Utama

  1. Menetapkan kebijakan untuk mencapai produktivitas (kuantitas) dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat , antara lain:
    • Membuat dan mengembangkan roadmap penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berfokus pada industri kreatif.
    • Membuat kebijakan tentang intensif riset kompetitif Universitas Amikom Yogyakarta.
    • Meningkatkan kompetensi para peneliti pengabdi dan keikutsertaan mahasiswa dalam riset.
    • Membangun Kerjasama riset internal dan eksternal Universitas Amikom Yogyakarta.
    • Meningkatkan perolehan dan hibah internal maupun eksternal.
  2. Menetapkan kebijakan untuk publikasi karya ilmiah, antara lain:
    • Meningkatkan kompetensi para peneliti dan pengabdian kepada masyarakat dalam publikasi hasil riset.
    • Meningkatkan jumlah publikasi pada jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional terindeks.
    • Membuat kebijakan tentang insentif dan reward kepada Dosen, yang mempunyai jurnal internasional terindeks.
  3. Menetapkan kebijakan dalam penyusunan dan pembuatan buku ajar, antara lain:
    • Meningkatkan kompetensi para Dosen dalam menulis atau membuat buku bahan ajar.
    • Mengadakan kerjasama dengan perusahan percetakan penerbitan buku bahan ajar.
  4. Menetapkan kebijakan untuk perolehan HKI (Hak atas Kekayaan Intelektual), antara lain:
    • Meningkatkan kompetensi semua staf akademisi dan mahasiswa untuk menghasilkan inovasi dan barang ciptaan.
    • Membuat kebijakan tentang pengajuan HKI kepada lingkungan internal Universitas Amikom Yogyakarta.
    • Memberikan insentif terhadap desain dan inovasi barang ciptaan.

Key Performance Indicator

Penelitian:

  1. KPI-01 : Tingkat Kepuasan Dosen atas Layanan LEMLIT
  2. KPI-02 : Tingkat Luaran Penelitian HKI dan Luaran Lainnya
  3. KPI-03 : Tingkat Luaran Penelitian Pemakalah Tingkat Internasional
  4. KPI-04 : Tingkat Kelolosan Review Internal tanpa Re-work (koreksi) (KPI-10)
  5. KPI-05 : Tingkat Penelitian Terkait Enterpreneurship atau Economic Creative
  6. KPI-06 : Tingkat Pertumbuhan Jumlah Penelitian
  7. KPI-07 : Tingkat Partisipasi Dosen dalam Penelitian
  8. KPI-08 : Tingkat Partisipasi Dosen dalam Program Peningkatan Kompetensi Penelitian
  9. KPI-09 : Jumlah Penelitian dengan Pembiayaan Pihak Ketiga
  10. KPI-10 : Tingkat Kecepatan Respon Proposal Penelitian
  11. KPI-11 : Tingkat Kecepatan Proses Review Internal (KPI-10)
  12. KPI-12 : Tingkat Deviasi Anggaran LEMLIT
  13. KPI-13 : Tingkat Kinerja SDM LEMLIT
  14. KPI-14 : Prosentase Pejabat LEMLIT (Termasuk Reviewer Internal) serta karyawan yang mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi.

Pengabdian kepada Masysrakat:

  1. KPI-01: Tingkat Deviasi Anggaran LPM
  2. KPI-02: Tingkat Luaran PM IbM kategori MITRA PRODUKTIF DAN MITRA MENINGKAT OMSETNYA
  3. KPI-03: Tingkat Luaran PM IbK kategori WIRAUSAHA BARU
  4. KPI-04: Jumlah Kegiatan PM IbW
  5. KPI-05: Tingkat Partisipasi Dosen dalam program LPM
  6. KPI-06: Tingkat Partisipasi Dosen dalam program Pengembangan Kompetensi PM
  7. KPI-07: Tingkat Kecepatan Evaluasi Proposal Kegiatan PM
  8. KPI-08: Tingkat Kecepatan Kontrak Pelaksanaan Kegiatan PM
  9. KPI-09: Prosentase Pejabat LPM (Termasuk Reviewer Internal) serta karyawan yang mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi.
  10. KPI-10: Tingkat Kinerja SDM LPM
  11. KPI-11: Tingkat Kepuasan Dosen & Mahasiswa atas Layanan LPM
  12. KPI-12: Jumlah Penghargaan (Award) Yang Diterima Mahasiswa Tingkat Nasional
  13. KPI-13: Jumlah Penghargaan (Award) Yang Diterima Mahasiswa Tingkat Internasional
  14. KPI-14: Jumlah Kegiatan PM IbM
  15. KPI-15: Jumlah Mitra/Tenant IbK

Pusat Studi:

  1. KPI-01: Tingkat Deviasi Anggaran Pusat Studi Ekonomi Kreatif
  2. KPI-02: Prosentase Pejabat serta karyawan Pusat Studi Ekonomi Kreatif yang mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi.
  3. KPI-03: Tingkat Kinerja SDM Pusat Studi Ekonomi Kreatif
  4. KPI-04: Tingkat Pertumbuhan Jumlah Penelitian Pengembangan Ekonomi Kreatif Tingkat Nasional
  5. KPI-05: Tingkat Pertumbuhan Jumlah Penelitian Pengembangan Ekonomi Kreatif Tingkat Internasional
  6. KPI-06: Tingkat Pertumbuhan Jumlah Kerjasama Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan Industri Nasional
  7. KPI-07: Tingkat Pertumbuhan Jumlah Kerjasama Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan Pemerintah Nasional/Regional
  8. KPI-08: Tingkat Pertumbuhan Jumlah Kerjasama Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan Industri Internasional
  9. KPI-09: Tingkat Pertumbuhan Jumlah Kerjasama Pengembangan Ekonomi Kreatif dengan Pemerintah Luar Negeri